Armada Kapal Pengangkut Sampah Akan Ditambah

oleh -330 views
Bupati Berau Hj.Sri Juniarsih Mas bersama Kepala DLHK Berau Mustakim Suharjana pada uji coba kapal sampah baru baru ini. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Armada kapal pengangkut sampah daerah perairan sungai di wilayah perkotaan Berau belum mencukupi. Karena itu, perlu ada tambahan armada kapal untuk menanganani sampah di perairan.

Kepala Bidang Kebersihan Pengolahan Sampah dan Penanganan Limbah P3 pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Suhardi menjelaskan saat ini armada kapal pengangkut sampah di wilayah perairan hanya satu.

“Kita akan tambah lagi. Karena jelas satu saja tidak cukup. Minimal mesti dua. Tahun ini memang tidak bisa lagi. Karena di anggaran perubahan juga tidak ada pengadaan. Tahun depan kita usulkan saja,” jelasnya.

Dijelaskannya, untuk mengoperasikan kapal dan mengangkut sampah saat ini, terdapat tiga personel yang disiapkan. Satu personel khusus sebagai motoris sedangkan dua yang lain sebagai pengangkut. Jumlah tersebut juga tentu masih belum ideal.

“Kita juga butuh tambahan personel. Tidak cukup satu dua orang saja. Apalagi wilayah sungai kita ini luas. Minimal kita butuhkan 5-6 personel untuk satu kapal,” terangnya.

Suhardi berharap dengan adanya satu armada kapal yang sudah beroperas saat ini, penanganan sampah di wilayah perairan semakin baik. Ke depan pihaknya juga berupaya agar berbagai kekurangan yang ditemukan di lapangan dapat diatasi dengan baik.

“Kita berharap semuanya berjalan lancar. Kalau ada kekurangan, kita akan coba atasi. Tapi sekali lagi, masalah sampah itu tanggung jawab kita bersama. Masyarakat juga perlu sadar untuk hal itu,” imbuhnya.

Terpisah, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, menegaskan masalah sampah akan diperhatikan secara serius oleh pemerintah daerah. Termasuk penanganan sampah di wilayah sungai. Berbagai kekurangan yang ditemukan juga akan segera ditambahkan.

“Armada kapal ini baru satu. Ini sudah mulai beroperasi. Kita berharap ke depan bisa ditambah lagi satu. Dan saya berharap dengan adanya kapal ini, penanganan sampah semakin lebih baik. Apalagi kita juga sedang berupaya untuk merelokasi TPA kita,” tandasnya. (Adv/dl/jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *