Berdayakan Kelompok Wanita Tani untuk Dukung Program Ketahanan Pangan

oleh -205 views
anggota Komisi II DPRD Berau, Nurung saat melihat-lihat stand salah satu KWT di festival kuliner gelaran Dinas Pangan Berau. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Festival Kuliner pangan lokal di halaman kantor Dinas Pangan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, sekaligus HUT ke-70 Berau dan ke-312 Kota Tanjung Redeb, bisa menjadi ruang tak hanya bagi UMKM, tapi juga Kelompok Wanita Tani (KWT). 

“Dengan adanya gelaran acara ini, KWT yang mayoritas berasal dari kampung-kampung penghasil kebutuhan sehari-hari ini, secara tidak langsung ikut memperkenalkan hasil pertanian mereka, yang notabenenya bisa menjadi pendukung program ketahanan pangan Pemkab Berau,” ujar anggota Komisi II DPRD Berau, Nurung ditemui di sela-sela kunjungannya melihat acara.

Dikatakannya, dengan acara seperti ini maka bisa mendorong para KWT ini, agar terus berupaya meningkatkan hasil pertaniannya. Karena hasil pertanian itu untuk peningkatan gizi dari kampung hingga ke kota.

“Apalagi saat ini pemerintah daerah sedang berfokus menangani stunting, tentunya program ini akan sejalan dengan tujuan tersebut. Jadi selain ketahanan pangan, gizi masyarakat juga tercukupi, yang finalisasinya sebagai pencegah stunting,” tambahnya.

Dan meskipun kecukupan pangan di Berau masih bisa diatasi dengan baik, ia berharap pemerintah daerah tidak lantas merasa di zona aman. Karena situasi kedepannya tidak bisa diprediksi, maka semua antisipasi harus dipersiapkan mulai dari sekarang. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *