Pembangunan Rumah Kakao Dibarengi Perluasan Pangsa Pasar 

oleh -175 views
Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Pembangunan rumah kakao di Kampung Labanan Makarti, yang digadang bakal menjadi satu satunya di Berau, dapat menjadi langkah penting agar kakao dapat diolah dalam berbagai jenis olahan. Hal itu juga menjadi langkah penting dalam membuka peluang pasar. Terlebih, meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani Kakao. 

“Jika pembangunan rumah kakao ini berjalan lancar, maka pemerintah daerah juga harus menyiapkan pasar yang mencukupi. Agar pemasaran kakao ke depan menjadi lebih mudah. Masyarakat tidak perlu mencari pembeli, justru pembeli lah yang akan datang sendiri langsung ke lokasi rumah pengolahan kakao,” ujar Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, dengan adanya rumah pengolahan kakao ini, selain menaikkan perekonomian masyarakat, juga akan berpengaruh pada PAD Berau khususnya dari sektor perkebunan. Dan pembangunan rumah kakao penting dilakukan, karena Kabupaten Berau merupakan salah satu daerah penghasil kakao dengan kualitas terbaik. Bahkan, kakao Berau sudah diekspor hingga keluar negeri.

“Pemasaran coklatnya sudah bagus, tinggal tempat produksinya saja yang masih proses dibangun. Kalau sudah jadi, tentu masyarakat bisa lebih mudah mengolahnya. Ini juga bisa memberdayakan mereka sekaligus membuka lowongan pekerjaan baru,” tambahnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *