Gerak Cepat Capai Target 17,4 Persen Hingga Desember 2023

oleh -221 views
Diseminasi kasus stunting I di dua lokus, oleh DPPKBP3A. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Wakil Bupati Berau Gamalis dengan tegas meminta semua pihak bergerak untuk menekan angka kasus stunting di Kabupaten Berau. Karena target hingga Desember 2023 yakni 17,4 persen dari tahun sebelumnya yang masih di angka 21 persen.

“Untuk tahun ini target Berau adalah 17,4 persen secara nasional dan 12 persen untuk angka provinsi Kaltim. Jadi semua aksi harus mulai dilakukan hari ini. 16 lokus stunting yang sudah ditetapkan harus bergerak cepat dan aktif berpartisipasi,” jelas Gamalis saat membuka Diseminasi audit kasus stunting ke 1, di ruang rapat Sangalaki Pemkab Berau, Kamis (26/10/2023).

Dikatakannya, dengan kerjasama semua pihak mulai dari posyandu, ibu balita, dan bapak asuh anak stunting (BAS) maka target yang ditetapkan akan dapat dicapai. 

“Semoga semangat, antusias dan motivasi semua OPD untuk menurunkan angka stunting ini bisa tetap ada. Sehingga semuanya bisa aktif berjalan. Satgas stunting juga terus berkoordinasi sehingga semua informasi bisa diupdate dengan cepat,” tambahnya.

Diseminasi kasus stunting I di dua lokus yakni Kampung Maluang dan Kelurahan Gunung Tabur Kecamatan Gunung Tabur. (Ist)

Saat ini, kata Gamalis juga sedang dilakukan survey dari pusat di setiap lokus stunting di kampung-kampung di Berau. Dan diharapkan nantinya angka yang didapatkan bisa sesuai target nasional yang sudah ditetapkan.

“Survey bukan lagi dari Kabupaten atau Provinsi, melainkan langsung dari pusat ibukota. Karena diharapkan setiap daerah bisa mencapai target nasional yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Sedangkan dari data Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Berau, dalam Diseminasi ke I ini, untuk lokus stunting di Kampung Maluang total ada 19 balita yang mengalami stunting. Sedangkan di Kelurahan Gunung Tabur Kecamatan Gunung Tabur, ada 5 balita dan 4 ibu hamil yang teridentifikasi stunting. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *