Turunkan Angka Stunting dengan Keaktifan Posyandu

oleh -266 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Angka stunting di Kabupaten Berau yang masih cukup tinggi, menjadi perhatian khusus semua pihak, terutama OPD di sektor kesehatan. Langkah cepat perlu diambil dan digalakkan bahkan hingga sektor terbawah.

“Kalau di Kabupaten ada Dinas Kesehatan, dibawahnya ada puskesmas hingga posyandu yang berada di kampung-kampung. Ini bisa menjadi salah satu langkah yang diambil yakni dengan mengaktifkan posyandu, sehingga masyarakat mulai dari kampung hingga perkotaan, bisa tercover masalah stunting ini,” jelas anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Bumi Batiwakkal, yang selaras dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, dalam menekan angka kasus stunting. Dan untuk menekan angka stunting, perlu peran aktif dari Pemerintah Daerah, terkhusus posyandu di tingkat kampung.

“Posyandu perlu menggalakkan penyuluhan. Terutama di pedalaman atau kampung, karena prospek disana sangat besar, untuk mengedukasi pola hidup sehat ibu dan anak,” tambahnya.

Sosialisasi yang dijalankan juga harus dipastikan berjalan baik dan konsisten, terlebih untuk edukasi pemenuhan gizi pada bayi. Karena pemenuhan asupan gizi perlu keterlibatan pihak kesehatan guna memberikan pemahaman kepada orang tua.

“Setidaknya dari kegiatan posyandu, orang tua diberikan bekal dan pemahaman untuk mencegah stunting. Sehingga orang tua bisa menyadari pentingnya pembekalan yang diberikan oleh posyandu,” tutupnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *