Dikenal Luas, Tak Ada Alasan Tak Gunakan Batik Berau

oleh -283 views
Wabup Berau Gamalis bersama istri (Ketua Dekranasda Berau) melakukan fashion show dalam pembukaan Gebyar Batik Berau 2023. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Batik Berau mulai dikenal semakin luas. Bahkan beberapa tempat wisata sudah menjadikan batik Berau sebagai salah satu buah tangan bagi para wisatawan. Para pengrajin batik pun semakin eksis di tengah masyarakat.

“Para pengrajin batik Berau juga saat ini sangat mudah kita temukan. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan bagi kita, untuk tidak menggunakan batik khas Berau. Saya mendorong kepada kita semuanya, agar bangga kenakan dan promosikan batik bermotif khas Berau,” ujar Wakil Bupati Berau, Gamalis, saat membuka acara Gebyar Batik Berau Tahun 2023 dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, di tepian Ahmad Yani, Minggu (29/10/2023).

Dijelaskannya, motif batik khas Berau telah terdaftar memiliki hak cipta di Kemenkumham RI. Tentunya diharapkan, kedepan batik motif khas Kabupaten Berau dapat digunakan secara menyeluruh sebagai seragam maupun busana untuk kegiatan resmi, di instansi pemerintahan, instansi swasta, badan usaha milik daerah, perbankan, perhotelan, sekolah dan perguruan tinggi.

“Kegiatan promosi semacam ini harus diperbanyak. Saya pun mendorong jajaran Dekranasda, Diskoperindag, Disbudpar, dan perangkat terkait, agar terus melakukan pendampingan, pembinaan, dan pemberdayaan kepada para pengrajin dan UMKM, agar batik kita semakin berkualitas baik bagi masyarakat Berau maupun wisatawan,” tambahnya.

Banyaknya sumber daya dan instrumen yang ada di Kabupaten Berau, diyakini akan membangkitkan kreativitas berkarya. Tumbuhnya iklim berusaha yang kompetitif, terciptanya nilai ekonomi yang bersumber dari ide dan inovasi masyarakat berbasis kearifan lokal, dan Kabupaten Berau semakin dikenal sebagai destinasi wisata berkualitas, baik dari sisi kekayaan panorama alam maupun produk olahan kebudayaan.

“Kendati demikian, kami tentunya sangat mengharapkan dukungan dari jajaran Kemenparekraf Republik Indonesia, Indecon, dan seluruh stakeholder terkait dalam rangka memajukan potensi pariwisata dan budaya Kabupaten Berau,” tutupnya. 

Kegiatan dalam Gebyar Batik ini meliputi pameran UMKM, lomba cake batik, lomba desain batik, pelatihan pemula membatik, parade batik Berau, lomba fashion show dan pameran batik. Pembukaan semakin meriah dengan penampilan fashion show dari para tamu undangan yang hadir. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *