Beri Perhatian Lebih untuk PKM di Pelosok

oleh -247 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi P Mangunsong. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Puskesmas menjadi salah satu faskes yang diandalkan khususnya di perkampungan. Namun sayangnya hingga kini masih banyak puskesmas yang belum berjalan maksimal di Kabupaten Berau. Hal ini menjadi penekanan Komisi I DPRD Berau, saat melaksanakan rapat pembahasan rancangan APBD 2024.

“Dengan anggaran kita yang cukup besar, seharusnya puskesmas di pelosok kampung atau pedalaman Berau, bisa mendapat alokasi anggaran yang cukup juga. Misalnya untuk pengadaan alat kesehatan dan kelengkapan sarana prasarana lainnya,” jelas salah satu anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi P Mangunsong, beberapa waktu lalu.

Meskipun anggaran tidak sebesar tahun ini, seharusnya perhatian lebih memang diberikan, lantaran jarak mereka yang cukup jauh dari pusat kesehatan yang ada di kota Kabupaten. Sehingganya, perlu keseimbangan antara bangunan Puskesmas dengan pelayanan.

“Masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus menjadi perhatian oleh pihak OPD. Pasalnya, bangunan Puskesmas terbilang cukup bagus namun, tidak sesuai dengan tingkat pelayanan kepada pasien. Misalnya untuk persediaan obat, jam operasional pelayanan hingga fasilitas bagi pasien,” tambahnya.

Selain masalah pelayanan, kata Rudi, yang jadi perhatian pihaknya, adalah ketersediaan obat di fasilitas kesehatan, khususnya daerah perkebunan yang kerap kali sudah habis sebelum waktunya. Ini karena banyaknya perusahaan tidak memfasilitasi pekerjanya dengan klinik mandiri. Terlebih, rata-rata perusahaan menyerap pekerja dari luar daerah Kabupaten Berau.

“Belum sampai satu semester obat sudah habis. Ketika pekerja sakit, terpaksa harus berobat ke Puskesmas setempat. Hal ini sangat berdampak pada persediaan obat yang mestinya diperuntukkan bagi masyarakat lokal yang terpaksa harus berbagi dengan warga luar daerah. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *