Dana Bagi Hasil SDA Harus Kembali ke Masyarakat

oleh -33 views
Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Berau, Elita Herlina. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Dana Bagi Hasil (DBH) Sumber Daya Alam (SDA) dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan diterima oleh Kabupaten Berau, diharapkan bisa kembali dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat Berau.

“Pemkab diminta bisa mempercepat penyaluran dana tersebut, agar bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dan untuk penggunaan dana bagi hasil tidak hanya dari sektor kehutanan, tapi dari sektor yang prospek seperti perkebunan sawit,” ujar Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Berau, Elita Herlina.

Selain itu, dirinya juga menginginkan hasil yang diperoleh nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga, masyarakat juga bisa merasakan dampak adanya perkebunan sawit dengan timbal balik perolehan DBH SDA tersebut.

Diketahui, Kaltim akan mendapat dana triliunan rupiah dari DBH SDA. Tahun ini, pos penerimaan baru yang dialokasikan pemerintah pusat untuk pemerintah daerah penghasil sawit dan mineral batu bara (minerba) mencapai Rp 400 hingga Rp 700 Miliar. Itu baru pencairan tahap satu.

Agar anggaran yang diterima segera dibagi peruntukannya, Gubernur Kaltim Isran Noor meminta pemerintah kabupaten atau kota untuk mempersiapkan payung hukumnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *