Kampung se Kecamatan Gunung Tabur Siap Ikut Berau Sehat Award 2023

oleh -373 views
Koordinasi pelaksanaan BSA 2023 di Kecamatan Gunung Tabur. (Ria/Dimensinews)

GUNUNG TABUR.DIMENSINEWS –

Forum Berau Sehat (FBS) terus gencar melakukan sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan Berau Sehat Award (BSA) 2023. Kali ini, Kecamatan Gunung Tabur menjadi lokasi koordinasi tim FBS bersama forum komunikasi kecamatan sehat (FKKS) dan Pokja Sehat. Antusias perwakilan Pokja terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan selama koordinasi berlangsung.

Diterima Sekretaris Camat Gunung Tabur, Hidayat, koordinasi berlangsung di ruang rapat kecamatan, Jumat (3/11/2023) pagi. Materi terkait 9 tatanan sebagai salah satu penilaian, diberikan oleh Ketua Panitia BSA 2023, Ahmad Basuki.

Sembilan tatanan yang menjadi indikator penilaian BSA 2023 yakni tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan pemukiman dan fasilitas umum, tatanan pasar, tatanan satuan pendidikan, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial dan tatanan pencegahan dan penanganan bencana.

Selain 9 tatanan, ada juga materi 5 pilar Sanitasi Sosial Berbasis Masyarakat (STBM) yang diberikan, sebagai bekal untuk mengikuti BSA 2023. Dan yang tak kalah penting juga yaitu kelengkapan berkas yang harus dipersiapkan yang akan diverifikasi lapangan oleh tim penilai.

“Tidak semua tatanan harus ada. Beberapa tatanan dan poin yang diserahkan dalam berkas itulah yang nanti menjadi penilaian dari tim verifikasi. Kebanyakan Pokja masih kebingungan terkait penilaian yang akan dilakukan,” terang Ahmad Basuki.

Selain berkas, dikatakannya, sekretariat dan dokumentasi semua kegiatan yang berhubungan dengan tatanan sehat juga harus dipersiapkan. Jadi, selain berkas untuk penilaian fisik seperti ruang sekretariat juga menjadi salah satu poin penilaian.

Sekcam Gunung Tabur, Hidayat mengungkapkan jika Kecamatan Gunung Tabur siap mengikuti BSA 2023. Bahkan, beberapa kampung sudah siap pemberkasan untuk mengikuti BSA 2023 ini.

“Seperti Kampung Birang, sudah siap berkasnya dan tinggal dijilid. Tinggal dilengkapi yang lain misalnya sekretariat FKKS dan lainnya. Harapannya, semua kampung di Kecamatan Gunung Tabur ini bisa ikut BSA 2023, karena bisa menjadi bahan evaluasi setiap kampung, dalam pelaksanaan keaktifan penyelenggaran kampung sehat,” tutup Hidayat.(adv/kes/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *