Cegah Stunting Jangan Hanya Sebatas Sosialisasi

oleh -123 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Gencarnya pemerintah dalam penurunan angka stunting khususnya di Kabupaten Berau, jangan hanya sebatas sosialisasi semata. Diperlukan aksi nyata pemberian edukasi dan pemahaman serta pemenuhan kebutuhan gizi bagi penderita stunting.

“Kalau cuma disosialisasi beberapa hari kemudian juga mereka akan lupa. Berbeda jika mereka langsung diberikan bantuan guna meningkatkan kebutuhan gizi anaknya. Karena dengan bantuan langsung itulah maka penurunan angka stunting bisa terlihat hasilnya,” ujar Ketua Komisi I DPRD Berau, Fery Kombong ditemui beberapa waktu lalu.

Diterangkannya, stunting di Berau masih menjadi momok. Padahal anggaran yang digelontorkan Pemerintah Republik Indonesia cukup besar dan sudah menjadi agenda nasional untuk mengentaskan stunting.

“Dengan komitmen antara Bupati, DPRD dan kepala kampung, untuk memanfaatkan anggaran dana kampung (ADK) untuk masalah stunting, dengan penyediaan makanan bergizi, saya rasa hal ini bisa dientaskan atau bahkan berkurang,” tambahnya.

Untuk pencegahan stunting terbaik sebaiknya dilakukan pada masa awal kehamilan. Orang tua disarankan untuk mulai menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat sedini mungkin. Dari awal masa kehamilan, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi dan asam folat untuk ibu. 

“Kader posyandu juga harus aktif. Buat data dan laporan, berapa jumlah ibu hamil dan lainnya,” ungkapnya. Bupati harus tegas, jangan hanya berbicara sosialisasi tapi anggarkan juga untuk kader posyandu memenuhi kebutuhan ibu hamil. Selain itu, pemberian pemahaman juga wajib dilakukan, untuk ibu di bawah umur yang menikah karena keadaan,” pungkasnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *