Syarifatul: “Minimal Setiap Sektor Sumbang 10 Persen”

oleh -189 views
Wakil I Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadiah. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Wakil I Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadi’ah minta Pemkab melakukan evaluasi serta lebih giat memastikan semua sektor dapat turut serta berkontribusi minimal 10 persen bagi PAD Berau. Apalagi APBD Berau 2024 sudah meningkat hingga mencapai Rp 5 triliun.

“PAD Berau yang dipungut dari berbagai sektor dinilai belum mencapai jumlah ideal. Karena itu, perlu dilakukan pemaksimalan sektor-sektor untuk meningkatkan jumlah PAD itu. Tugas pemerintah adalah bagaimana mengkoordinir sehingga sektor yang ada betul-betul berkontribusi semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan angka tersebut, perlu inovasi-inovasi dari sektor-sektor yang berpotensi besar seperti dari pajak galian C, sarang burung, dan masih banyak lagi. Namun, sampai saat ini belum terakomodir dengan baik. Bahkan, sejauh ini pihak legislatif sudah mendorong pemerintah daerah agar dapat meningkatkan PAD itu, tapi belum ada kesanggupan dari OPD.

“Kami sudah mendorong dalam pembahasan anggaran itu untuk ditingkatkan 10 persen dari APBD. Tapi ternyata mereka tidak sanggup. Padahal, APBD kita ini juga kan untuk menggerakkan roda perekonomian,” tegasnya.

Ke depan, tambah Syarifatul, pemerintah perlu berinovasi dan memaksimalkan kinerjanya dalam menata semua sektor. Termasuk mengevaluasi kembali segala hal yang selama ini menjadi kendala dalam sumbangsihnya terhadap PAD Berau tersebut. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *