Bangun Puskesmas Harus Seimbang dengan Pelayanannya

oleh -209 views
Salah satu puskesmas di kecamatan terjauh yakni Kecamatan Kelay. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Masih kurangnya tenaga pelayanan di puskesmas kampung, menjadi tugas pekerjaan rumah bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau. Dengan adanya pembangunan puskesmas tentunya tenaga pelayanannya juga harus dipersiapkan.

“Apalagi puskesmas yang ada di pedalaman, selalu mengeluh kekurangan tenaga kesehatan. Padahal, anggaran daerah kita besar dan anggaran yang dialokasikan untuk kesehatan juga cukup tinggi, seharusnya masalah ini tidak lagi ada,” terang Wakil Ketua Komisi I DPRD Berau, Rudi P Mangunsong ditemui beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, Pemkab harus mulai mencari solusi untuk hal ini. Mengingat jarak kampung di Berau yang cukup jauh dengan pusat Kota Tanjung Redeb, keberadaan puskesmas di kampung tentunya akan sangat membantu masyarakat.

“Ini menjadi tugas berat bagi Dinas Kesehatan (Dinkes). Harus seimbang bangunan Puskesmas dengan pelayanannya. Pekerjaan rumahnya adalah masih banyak yang harus menjadi perhatian oleh pihak OPD. Pasalnya, bangunan Puskesmas terbilang cukup bagus namun, tidak sesuai dengan tingkat pelayanan yang diberikan kepada pasien. Terlebih, kata Rudi dari segi persediaan obat, jam operasional pelayanan hingga fasilitas bagi pasien yang jadi titik tekan oleh pihaknya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *