Dukung Tambahan Anggaran untuk Tim Karhutla

oleh -154 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Respon cepat tanggap tim Karhutla yang terdiri dari TNI-Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapa pekan terakhir, harus diapresiasi. Salah satunya yakni dengan penambahan anggaran operasional.

“Penghargaan istilahnya, agar mereka semakin giat dalam menjalankan tugasnya. Apalagi tim ini bekerja ekstra dan tidak ada batasan waktu. Dengan tambahan anggaran saya rasa itu sebagai bentuk apresiasi untuk mereka yang berjibaku bahkan bertaruh nyawa saat mekakukan pemadaman,” ucap Ketua DPRD Berau, Madri Pani beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Madri, reaksi cepat ini memang perlu dilakukan sebelum api semakin menyebar, dan melahap lahan lebih luas. Bahkan parahnya bisa membakar rumah warga. Antisipasi sedini mungkin memang perlu dilakukan, agar penyebaran api bisa diminimalisasi. Di sisi lain, Madri menyinggung soal anggaran konsumsi untuk tim karhutla. Ia menuturkan, selama ini mereka merogoh kocek sendiri untuk konsumsi. Tidak sedikit juga warga yang memberikan konsumsi ala kadarnya. Padahal tim karhutla berjibaku berjam-jam memadamkan api tersebut.

“Pemkab bisa menganggarkan untuk tahun depan, agar konsumsi mereka terjamin. Kan mereka juga kadang sampai begadang untuk padamkan kobaran api tersebut. Belum lagi jika lahan yang terbakar cukup luas, hingga mereka harus melakukan pemadaman sampai beberapa hari,” tambahnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *