Sosialisasi Pajak Harus Dilakukan Kontinyu

oleh -169 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Wakil I Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadiah meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bisa mensosialisasikan pajak dan retribusi daerah secara kontinyu, karena ini menjadi salah satu pendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Berau.

“Perdanya untuk Pajak dan Retribusi Daerah sudah ada, tapi ini juga harus mendapat dorongan yang maksimal. OPD terkait bisa segera melaksanakan tupoksinya sebagai eksekutor Perda. Ini juga agar potensi PAD kita bisa maksimal digali,” tegasnya beberapa waktu lalu.

Dukungan legislatif pun menyetujui berapapun nominal yang diminta oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Berau sebagai eksekutor pelaksana Perda. Karena dalam perjalanannya, tentu dibutuhkan support anggaran untuk pelaksanaan teknisnya.

Selain itu, dikatakannya banyak potensi yang dapat digali untuk meningkatkan PAD, sehingga OPD dituntut melakukan inovasi dan tanggap terhadap serapan pajak dan retribusi di Bumi Batiwakkal. Contohnya sektor pertanahan, harus ada legalitas tanah. Otomatis yang menggunakan aset daerah harus membayar. Ini bisa jadi retribusi dan pajak buat daerah. 

Ia berharap pemerintah dapat menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat terkait retribusi dan pajak ini, untuk memaksimalkan pendapatan bagi daerah. Jangan sampai aset daerah dibiarkan tidur kalau bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *