Video Edukasi Peduli Sarana Wujudkan Kepedulian Lingkungan

oleh -572 views
Potongan Video Peduli, yang dibuat Keisya siswa SMKN 1 Berau, memperlihatkan tutup botol yang diolah menjadi tong sampah . (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Keisya Fatimatuzzahra pemenang harapan 1 lomba karya tulis ilmiah peduli lingkungan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Berau, mengetengahkan judul Video Edukasi Sebagai Sarana Mewujudkan Kepedulian Lingkungan.
Siswa SMKN 1 Berau ini, terpanggil untuk membuat video edukasi lantaran persoalan sampah di Indonesia.

“Masalah sampah di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah semua fihak yang harus segera diselesaikan. Sebab belasan juta ton tertimbun di tanah air setiap tahun. “ papar Keisya dalam presentasinya di stand DLHK pada Expo Berau 2023.

Lanjut Keisya, berdasarkan data sistem informasi pengelolaan sampah nasional (SIPSN) pada 2022, timbunan sampah di Indonesia 18,30 juta ton per tahun atau setara 26,72 persen, dan penanganan sampah 9,25juta ton per tahun atau setara 50,55 persen
Salah satu penyebab utama menumpuknya sampah adalah pengelolanya yang kurang baik, hal ini dikarenakan sampah yang dihasilkan oleh industrialisasi dan produksi dengan tidak diolah secara memuaskan.

“Penumpukan sampah memiliki dampak yang akan menjadi berkepanjangan apabila terus terjadi,” kata Keisya.

Keisya membuat program video Peduli, yang merupakan suatu program video digital yang memanfaatkan tekhnologi smartphone berbasis sosial media. Suatu program video edukasi yang mengunggah permasalahan dan solusi dalam menangani permasalahan penumpukan sampah di Indonesia.

Keisya memperlihatkan video video yang diolahnya seperti video pemanfaatan daur ulang sampah tutup botol menjadi tempat sampah, serta beberapa video daur ulang limbah.

Disebutkan Keisya, untuk memancing kepedulian tidak hanya memberikan informasi semata mata, melainkan memberikan informasi dan cara yang mesti dilakukan. (adv/dl/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *