Menuju Sekolah Bebas Sampah

oleh -54 views
Botol plastik menjadi hiasan di kelas. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Untuk menuju sekolah bebas sampah, siswa SMAN 2 Berau Nur Naurah Sandi dalam tulisan karya ilmiah Lingkungan Hidup yang diperlombakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Berau , Nur mengajukan judul Program Sekolah Bebas Sampah dan Pemanfaatan Sampah Botol Plastik Menjadi Produk Hiasan Kelas Sebagai Upaya Peduli Lingkungan di SMAN 2 Berau.

Dengan latar belakang melihat kondisi persampahan di sekolahnya, sampah botol plastik yang tidak bisa diurai, memberikan dampak buruk bagi sekolah. Sehingga di sekolah ini membuat program Sekolah Bebas Sampah.

Langkah kongkritnya, sebut Nur dalam tulisan karya ilmiahnya , yakni dengan mendaur ulang botol plastik menjadi bahan yang berguna, kemudian seluruh warga di sekolah membawa minuman dengan tumbler dan hari Jumat diadakan kegiatan Jumat bersih.

“Tujuannya agar sekolah bebas sampah,” kata Nur yang meraih juara harapan 2 pada lomba karya tulis ilmiah lingkungan Hidup DLHK Berau ini.

Untuk Jumat bersih, lanjut Nur dilaksanakan pada awal atau akhir bulan yang diawasi oleh wali kelas masing masing.

Untuk program pengunaan tumbler, ini dilakukan oleh semua warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, staf hingga siswa, tanpa terkecuali. “agar meminimalisir pengunaan botol plastik sekali pakai” ungkap Nur.

Adapun program pemanfaatan plastik yang didaur ulang, setiap kelas memiliki kreativitas masing masing dalam memanfaatkan atau mengolah botol plastik dijadikan hiasan dan menjadi pagar. (adv/dl/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *