Penambahan Dokter Spesialis Harus Prioritas

oleh -159 views
Anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna. (Dok Humas DPRD Berau)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Pelayanan RSUD Abdul Rivai yang masih kurang maksimal, lantaran kurangnya dokter spesialis, harus menjadi masalah prioritas. Hal ini diungkapkan anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna. Dikatakannya, untuk penambahan jumlah dokter spesialis di rumah sakit plat merah tersebut, harus jadi perhatian utama.

“Kalau SDM mumpuni maka pelayanan yang diberikan juga akan maksimal. Kita banyak memiliki putra putri daerah yang menempuh pendidikan sebagai dokter. Tinggal ditingkatkan kualitasnya menjadi dokter spesialis,” terang Ratna.

Namun, untuk peningkatan kualitas itu juga dikatakan Ratna jangan sampai jadi bomerang. Dimana pada saat sudah disekolahkan, lulus menjadi spesialis, malah mengabdi di daerah lain. Tentunya ini juga harus menjadi perhatian selanjutnya. Dengan fasilitas kesehatan yang bagus, tentu mereka akan kembali untuk mengabdi di daerahnya sendiri.

“Kebutuhan dokter spesialis di rumah sakit maupun pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Berau, hingga saat ini masih terbatas. Pemkab Berau harus segera kembali menyusun skema pelayanan dokter kepada pasien, dengan cara memberikan beasiswa kepada dokter muda agar naik kelas ke spesialis. 

Menurutnya, pemerintah jangan hanya berfokus pada pembangunan rumah sakit saja. Melainkan, turut memperhatikan Sumber Daya Manusia (SDM) juga. Karena bagaimanapun SDM kesehatan ini sangat dibutuhkan. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *