Batik Berau Jangan Hanya Sebatas Jadi Oleh-Oleh

oleh -160 views
Batik Berau yang sudah dikenal hingga ke mancanegara. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Kabupaten Berau yang dikenal dengan beragam potensi, diharapkan bisa terus berkembang. Seperti batik khas motif Berau, yang saat ini sudah menjadi salah satu primadona oleh-oleh atau buah tangan wisatawan saat berkunjung ke Berau.

“Kalau bisa dipasarkan lebih luas lagi hingga ke internasional. Jangan hanya berpuas diri sebagai oleh-oleh. Contoh batik Jogja yang daya jualnya luar biasa hingga diakui secara nasional. Mengapa tidak dengan batik Berau?,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Berau, Wendy Lie Jaya.

Wendy mendorong agar para perajin batik di Berau dapat meningkatkan keahlian mereka, khususnya dalam membuat motif batik. Serta perlu adanya kontribusi generasi muda untuk mencintai dan melestarikan batik sebagai bagian dari indentitas budaya kita. Menurutnya dalam pembuatan batik membutuhkan kreatifitas yang tinggi, juga perlu berbeda, sebagai ciri khas Berau bahkan perajin itu sendiri.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap para perajin batik Berau Seperti, pelatihan membuat kreasi motif batik baik bagi pemula maupun yang sudah bisa.

“Pemerintah daerah (Pemda) agar dapat memfasilitasi pemasaran batik Berau. Yang mana di era yang serba digital ini para pelaku usaha harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan mulai memasarkan produk secara digital atau online,” tutupnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *