Hasil Reses Perlu Diperjuangkan

oleh -197 views
Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Reses III Tahun Anggaran 2023 sudah dilaksanakan. Setiap fraksi juga sudah menyampaikan hasil reses dan serapan aspirasi masyarakat dari daerah pilihan (Dapil) masing-masing. Hasil reses itu diharapkan bisa diperjuangkan.

Terkait hal itu, Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah menjelaskan hasil reses itu harus dapat diperjuangkan. Mengingat, pembangunan di daerah dapat berjalan sesuai standar kebutuhan masyarakat. Apalagi anggota dewan merupakan representasi dari masyarakat.

“Reses juga dapat menjadi forum penyampaian pertanggungjawaban dari anggota DPRD yang menjelaskan apa yang sudah dilakukan selama ini,” jelasnya.

Diakuinya, kualitas anggota dewan, ditentukan oleh sejauh mana dirinya berhasil melakukan artikulasi, menyaring pengaduan, dan kepentingan masyarakat. Tak hanya itu, kualitas juga ditopang oleh pembelaan terhadap aspirasi masyarakat yang menjadi konstituennya dalam memberikan pertanggungjawaban moral dan politis.

“Kemudian bagaimana melakukan follow up dari reses sebelumnya. serta apa agenda strategis yang akan dilakukan ke depan,” tegasnya.

Pelaksanaan reses, lanjutnya, juga dapat menjadi alat ukur untuk melihat kualitas, produktivitas dan kinerja anggota dewan dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Termasuk mengembangkan check and balance bersama pemerintah daerah.

Syarifatul juga menyampaikan terima kasih kepada semua anggota DPRD Berau atas kerja samanya dalam melakukan reses sesuai jadwal yang telah ditentukan dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan reses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Terimakasih kepada semua anggota DPRD Berau yang telah menjaring aspirasi dari masyarakat. Semoga apa yang menjadi kebutuhan rakyat bisa segera terealisasi,” pintanya.

Untuk diketahui, penyampaian hasil reses dilakukan dalam rapat yang digelar DPRD Berau, Rabu (15/11/2023), bertempat di Ruang Rapat Gabungan Komisi DPRD. 7 Fraksi DPRD Berau juga dipastikan telah menyampaikan hasil resesnya masing-masing. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *