Maratua Jazz Harus Berdampak pada Meningkatnya Wisatawan

oleh -145 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINES –

Festival Maratua Jazz diharapkan benar-benar dapat memaksimalkan jumlah kunjungan ke daerah. Apalagi tahun ini festival itu menelan anggaran yang cukup besar sekira Rp 600 juta.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPRD Berau Rudi Mangunsong menegaskan anggaran yang dikeluarkan untuk acara itu cukup besar. Karena itu, tujuannya meningkatkan jumlah kunjungan harus bisa dicapai.

“Anggarannya cukup besar. Tidak semua orang nikmati karena dibuat di Maratua dengan kendala transportasi dan sebagainya. Karena itu, saya minta agar hal ini punya dampak terhadap meningkatnya wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” jelasnya.

Disampaikan Rudi, sesuai informasi yang diperolehnya jumlah kunjungan wisatawan ke Maratua beberapa tahun terakhir dinilai lebih rendah daripada beberapa wilayah lain. Hal itu menjadi soal karena festival itu juga dilaksanakan setiap tahun.

“Saya dapat informasi Maratua Jazz ini sudah dilaksanakan 5 sampai 6 kali. Tapi selama dilaksanakan, hampir saya tidak melihat efek yang bagus. Karena beberapa tempat wisata lain justru lebih banyak dikunjungi,” tegasnya.

Berbeda dengan Maratua, tambah Rudi, jumlah kunjungan wisatawan lebih banyak ke Pulau Derawan, Baru Putih, dan Biduk-Biduk. Karena itu, perlu dipertanyakan manfaat pelaksanaan kegiatan yang rutin dilaksanakan itu.

“Ini sudah jadi rutin tahunan. Tapi harus dievaluasi. Kira-kira punya manfaat tidak. Kan aneh, masa daerah lain itu jumlah kunjungannya lebih tinggi tanpa promosi yang luar biasa seperti Maratua Jazz itu,” tutupnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *