Bahasa Berau Perlu Diajarkan di Semua Sekolah

oleh -194 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Suharno. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Bahasa daerah Berau mesti menjadi Muatan lokal (Mulok) yang patut diajarkan pada semua sekolah di Kabupaten Berau. Hal itu bertujuan agar Bahasa Berau tidak tergerus perkembangan zaman dan terhimpit oleh keberadaan bahasa yang lain.

Menurut Anggota Komisi I DPRD Berau, Suharno, Bahasa Berau sangat penting diajarkan di semua sekolah sebagai salah satu upaya pemerintah daerah memotivasi masyarakatnya untuk menjaga kearifan lokal dan memperkuat kecintaan atas daerah sendiri.

“Sehingga Dinas Pendidikan (Disdik) Berau perlu mempercepat penerapan mulok bahasa daerah tersebut di sekolah-sekolah. Selama ini masih wacana. Kita mau itu bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Diakuinya, wacana Bahasa Berau sebagai salah satu mulok itu sudah pernah didiskusikan. Namun, hingga hari ini belum berjalan. Padahal, kualitas pendidikan juga ditentukan oleh pelajaran yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan.

“Memang sudah banyak sekolah di Berau ini yang punya mulok macam-macam. Dan itu harus dipastikan terus berjalan. Bahkan perlu ditambah lagi dengan Bahasa Berau ini,” tegasnya.

Selain menjaga kearifan dan nilai-nilai kebudayaan lokal, pelajaran Bahasa Berau yang diajarkan pada semua sekolah, lanjut Suharno, dapat membentuk akhlak dan kepribadian para pelajar. Terutama dalam mencintai adat istiadat dan budayanya sendiri.

“Semoga pelajaran Bahasa Berau itu bisa terealisasi pada semua sekolah di Kabupaten Berau dengan tetap mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Kemendikbud,” tutupnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *