Perlu Kajian Komprehensif Hadapi Masalah Kemiskinan

oleh -135 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Kabupaten Berau masih menyimpan segudang problem yang perlu diselesaikan dengan baik. Salah satu problem itu yakni masalah kemiskinan. Untuk menyelesaikan masalah itu memang dibutuhkan kajian yang serius.

Pasalnya, masalah kemiskinan di Berau diketahui masih tinggi. Kajian serius dan komprehensif itu sangat dibutuhkan. Selain untuk melihat lebih jauh faktor penyebabnya, kajian itu juga dibutukan untuk menjadi dasar pencarian solusi yang tepat untuk menuntaskan masalah itu.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong meminta pemerintah daerah untuk melihat masalah kemiskinan sebagai problem serius yang patut dicegah. Pasalnya, masalah itu sangat berdampak bagi pembangunan di daerah.

Untuk menuntaskan masalah itu, lanjut Rudi, diperlukan kajian ilmiah dan komprehensif untuk melihat lebih jauh alasan dan atau penyebab kemiskinan tersebut. Hal itu juga penting agar dalam mengentaskan masalah itu solusi yang diambil benar-benar mampu mengatasinya.

“Memang kita tidak bisa sampai pada melenyapkannya. Yang kita buat hanya menguranginya. Tapi menguranginya juga perlu diketahui dulu penyebabnya apa. Biar solusi yang diambil bukan sembarangan solusi,” jelasnya.

Disampaikannya, Badan Pusat Statistik (BPS) Berau merilis data bahwa kemiskinan diukur dari pengeluaran per kapita yang dikeluarkan tiap-tiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya setiap hari. Namun, itu bukan berarti menjadi satu-satunya faktor.

“Kalau hanya pengeluaran per kapita, banyak orang khususnya yang punya penghasilan tinggi mengeluarkan uangnya sehemat mungkin. Makanya bagi saya ada faktor lainnya yang menjadi penyebab kemiskinan ini. Dan itu hanya dipastikan lewat kajian yang baik,” terangnya.

Selain kajian untuk menemukan akar persoalan itu, pencegahan juga mesti dibuat. Masyarakat harus dibekali dengan keahlian yang memadai, pelatihan yang mumpuni, dan sebagainya. Tujuannya agar mereka dapat mandiri dan mampu memenuhi kebutuhan dasarnya tiap hari.

“Makanya harus mulai dari sekarang. Kita harus menemukan cara agar SDM masyarakat ini bisa meningkat. Tentu dengan memberikan pendidikan yang layak hingga membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” tandasnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *