Ahmad Rifai Dukung Pembangunan Pabrik Kakao

oleh -307 views
Wakil Ketua II DPRD Berau, Ahmad Rifai. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Wacana pembangunan pabrik kakao di Berau mendapat dukungan dari sejumlah anggota dewan. Salah satunya, Wakil Ketua II DPRD Berau, Ahmad Rifai.

Menurutnya, pembangunan pabrik kakao di Bumi Batiwakkal sangat dibutuhkan. Mengingat, sektor perkebunan kakao dan produk olahan coklat semakin menunjukkan tren positif.

Saat ini, ungkapnya, banyak daerah di Berau yang berpotensi menghasilkan kakao dalam jumlah besar. Hal itu tentu menjadi indikator kuat yang menunjukkan bahwa pabrik kakao sangat dibutuhkan.

“Sudah sejak dahulu kala Berau ini terkenal dengan kakaonya, seperti di Kampung Tumbit Melayu dan Birang. Bahkan bibit kakaonya juga menjadi bibit unggulan yang dikembangkan,” jelasnya.

Disampaikannya, hilirisasi kakao melalui pembangunan pabrik sangat diperlukan. Pasalnya, Berau berpotensi dalam memasarkan kakao dalam jumlah besar dan menjangkau pasar yang luas.

“Melihat potensi kakao kita yang besar, tentu kita ingin hasil olahannya bisa dijual keluar dan dapat dinikmati orang luar dan dalam skala yang lebih besar,” tegasnya.

Dengan melihat peluang itu, Rifai meminta Pemkab Berau untuk mengambil peluang tersebut. Bahkan pihaknya akan sangat mendukung jika wacana pembangunan pabrik kakao itu menjadi program unggulan instansi terkait.

“Kami siap usulkan untuk dianggarkan sebagai salah satu program di Disbun. Seperti pengadaan bibit dan pupuk, atau sarana pendukung lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika wacana itu menjadi program yang akan direalisasikan, instansi terkait juga perlu menyampaikan rencana itu kepada para petani kakao. Dukungan itu sangat diperlukan agar program yang diwacanakan itu dapat terwujud.

“Tentu kita harapkan semua pihak mendukung rencana itu. Agar ke depan kita tidak hanya menjual produk basah. Tetapi juga menjual hasil kering dan produk yang sudah diolah oleh pabrik,” tutupnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *