Masyarakat Berperan dalam Perencanaan dan Proses Pembangunan

oleh -83 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 yang mulai disusun oleh Pemkab Berau, yang tak lepas dari peran serta masyarakat. Hal ini diungkapkan Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, dalam konsultasi publik rancangan awal RPJPD, di ruang rapat RPJPD Bapelitbang, Senin (20/11/2023).

“Peran serta masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan ini sangat penting. Aspirasi, ide, dan masukan dari berbagai lapisan masyarakat sangatlah krusial, untuk merumuskan rencana pembangunan yang lebih inklusif dan representatif. Dengan masukan yang ada, kita berharap apa yang kita rumuskan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan daerah ini kedepannya,” ujar Bupati.

Acara dibuka oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas. Dan dihadiri Ketua DPRD, Madri Pani, Sekda Muhammad Said, jajaran Forkopimda. Serta jajaran OPD, lembaga, perusahaan swasta, forum anak dan perwakilan tokoh masyarakat sebagai peserta.

Konsultasi publik ini membuka ruang bagi masyarakat, lembaga, organisasi, dan stakeholder untuk memberikan masukan yang konstruktif terhadap prioritas-prioritas pembangunan yang diusung dalam RPJPD. Masukan dari masyarakat akan menjadi landasan utama dalam penyusunan dokumen ini.

Dengan menghadirkan Tenaga Ahli dari Universitas Gajah Mada sebagai tim penyusun dan narasumber, penyusunan RPJPD ini benar-benar melibatkan semua pihak. Dimana ini jadi langkah awal penentuan kebijakan 20 tahun kedepan untuk pembangunan Kabupaten Berau.

Selain itu, juga hadir Deputi Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Bina Bangda Kemendagri, Bappenas RI, Bappeda Provinsi Kaltim dan pemerhati perencanaan pembangunan sebagai narasumber dalam forum tersebut.

“Kami sangat terbuka untuk mendengarkan dan bersama sama kita merumuskan visi misi jangka panjang Kabupaten Berau,” tutupnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *