Tingkatkan Fungsi dan Peran Pustakawan Secara Profesional 

oleh -41 views

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-

 

Untuk meningkatkan fungsi dan peran pustakawan secara profesional dan diharapkan berperan meningkatkan literasi masyarakat dan tumbuh kembangnya perpustakaan dan pemberdayaan perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau menggelar Seminar Ilmiah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) di ruang RPJPD Bapelitbang pada Selasa (21/11/2023).

Dengan tema ‘Penguatan Kompetensi Tenaga Perpustakaan Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Informasi’

Sekkab Berau M Said dalam pembukaan Seminar IPI, menyebutkan kalau seminar ini meruaplan langkah yang sangat baik itu meningkatkan kualitas pustawakan di Kabupaten Berau. Tentu akan berdampak kepada tingginya literasi dan minat baca di Kabupaten Berau.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dispusip Berau Nurseha menyebutkan kalau kegiatan ini akan terus berlanjut untuk mendapatkan sertifikasi pustakawan. “Ini sangat bermanfaat untuk para pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan kompetensi di dalam mengelola perpustakaan itu sendiri,” kata Nurseha yang juga ketua IPI Kabupaten Berau.

 

Dalam seminar tersebut hampir seluruh pengelola perpustakaan sekolah, kampung hingga perguruan tinggi hadir, yang terjauh adalah pengelola perpustakaan Kampung di Kecamatan Bidukbiduk, Kampung Inaran, hingga Kampung Melati Jaya.

 

Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Pusat, T. Syamsul Bahri, yang menjadi narasumber mengatakan, pada intinya ia memberikan pemahaman tentang kompetensi agar para pustakawan dapat melakukan pekerjaannya secara profesional.

Sehingga ia berharap, seluruh pustakawan di Kabupaten Berau jangan pernah menunggu pengunjung. Namun mencari solusi dengan cara jemput bola.

 

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan 3 unit komputer kepada perpustakaan yang aktif menjalankan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.(adv/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *