UMKM Perlu Disiapkan Tempat Jual yang Layak

oleh -230 views
Ketua DPRD Berau Madri Pani bersama Kadisperindagkop Eva Yunita, memamerkan hasil UMKM di bazar UMKM beberapa waktu lalu. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Keberadaan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Berau dinilai kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah. Hal itu dapat diketahui dari ketiadaan tempat jual yang layak bagi para pelaku UMKM.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Berau, Madri Pani menegaskan kehadiran para pelaku UMKM sangat mempengaruhi perputaran roda ekonomi masyarakat di Bumi Batiwakkal. Karena itu, fasilitas yang layak perlu disiapkan juga untuk mereka.

“Mereka ini jangan hanya sekadar ditertibkan saja. Pelaku UMKM ini harus mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah karena mereka juga berjualan untuk menafkahi keluarganya,” jelasnya.

Selain tempat jual yang layak, lanjut Madri, para pelaku UMKM juga perlu ditunjang dengan program lain yang lebih inovatif serta pembangunan yang tepat sasar. Semua program itu juga harus memiliki konsep yang jelas.

“Jika tidak disusun sekarang, maka ke depan tidak ada konsep yang pasti untuk UMKM di Berau. Itu pasti juga akan memengaruhi pembangunan berkeadilan yang ingin dicapai,” terangnya.

Madri menambahkan, dengan besarnya jumlah pelaku UMKM di Berau, produk yang dijual diharapkan dapat menjangkau hingga keluar daerah. Apalagi daya jual pariwisata juga bergantung pada produk unggulan yang dipasarkan.

“Termasuk pelaku UMKM yang ada di destinasi wisata. Karena itu perlu konsep pariwisata yang jelas juga ke depannya. Agar produk yang dijual pelaku UMKM dapat dinikmati wisatawan mancanegara,” tutupnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *