Antisipasi Lonjakan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru

oleh -270 views
Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, harga barang-barang kebutuhan pokok biasanya cenderung meningkat. Melonjaknya harga bahan pokok itu patut diantisipasi agar tidak membebani masyarakat dalam membeli barang-barang tersebut.

Terkait hal itu, Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk dapat mengantisipasi dan selalu memantau harga bahan pokok yang dikhawatirkan dapat melambung secara drastis itu.

“Harga bahan pokok ini tentu harus dikawal. Jangan sampai masyarakat keberatan dengan harga tinggi. Juga perlu memastikan ada tidaknya ketersediaan stok sampai akhir tahun,” jelasnya.

Disampaikannya, untuk memastikan harga barang-barang kebutuhan pokok tersebut, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait perlu turun langsung ke lapangan. Hal itu penting dilakukan agar dapat ditemukan jalan keluar yang berarti.

“OPD terkait perlu turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan. Karena pemantauan itu sangat dibutuhkan. Agar kalau benar-benar harga barang naik ada solusinya. Kalau pantauan tidak ada kan pasti tidak ada solusi juga,” tegasnya.

Pemantauan dan pengawasan di lapangan itu, tambahnya, perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum Nataru tiba. Hal itu berguna untuk mengantisipasi sejak dini lonjakan harga yang tiba-tiba meningkat demi mempersiapkan berbagai alternatif solusi yang bisa ditawarkan.

“Saya berharap OPD terkait dapat memberi perhatian khusus soal ini. Karena kebutuhan masyarakat tersebut sangat rawan. Takutnya dengan harga barang yang melambung tinggi, masyarakat kita juga kesusahan ke depannya. Jadi, harga harus stabil,” bebernya.

Untuk diketahui, beberapa barang kebutuhan pokok yang kemungkinan akan meningkat harganya yakni cabai, beras, minyak, dan bahan pangan lainnya. Barang-barang tersebut juga harus dipastikan ketersediaannya agar masyarakat tidak kesulitan saat Nataru. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *