Atasi Stunting Melalui Gemar Makan Ikan

oleh -185 views
Ketua DPRD Berau Madri Pani. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Ketua DPRD Kabupaten Berau, Madri Pani meminta masyarakat Berau untuk mulai gemar makan ikan sejak dini. Pasalnya, hal itu dapat menjadi salah satu upaya penting dan efektif untuk mencegah terjadinya stunting.

Menurut Madri, hasil laut, khususnya ikan sangat melimpah di wilayah perairan laut Berau. Potensi ikan dengan kandungan protein yang tinggi tersebut tentu sangat bermanfaat dan dapat menjadi salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi stunting.

“Konsumsi ikan dapat menjadi solusi untuk mengatasi stunting. Sehingga gemar makan ikan harus ditanamkan sejak dini. Butuh peran aktif orang tua untuk menghidangkan makanan yang kreatif berbahan dasar ikan,” jelasnya.

Melihat potensi ikan dengan kandungan gizi dan protein yang tinggi itu, Madri mengimbau semua orang tua untuk dapat menyiapkan berbagai olahan ikan agar dapat dikonsumsi oleh anak-anaknya.

“Perlu perbiasakan anak-anak untuk makan berbagai olahan ikan. Kebiasaan mengonsumsi ikan itu dapat menjadi langkah positif dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas,” terangnya.

Madri berharap orang tua dapat memanfaatkan pentingnya sumber protein hewani dari ikan bagi perkembangan kecerdasan anak. Pasalnya protein yang tinggi sangat bernilai bagi terciptanya gizi yang seimbang dan mudah diserap oleh tubuh.

Pengenalan dan kebiasaan mengkonsumsi ikan dan olahannya pada menu makan keluarga harus sering dilakukan. Hal itu sebagai bagian penting dalam membentuk karakter yang baik dan menciptakan SDM yang cerdas, unggul, dan berdaya saing.

“Ikan mengandung protein dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak, baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk olahan,” tandasnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *