Dispusip Berau Terbitkan Kamus Bahasa Barrau edisi pertama.

oleh -60 views

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau menerbitkan buku Kamus Bahasa Barrau (Banua) yang ditulis Almarhum Muhammad Basyara, B.Sc . Muhammad Basyara merupakan seorang budayawan yang telah mendedikasikan sebagian kehidupannya bagi pelestarian dan pengembangan kekayaan budaya Tanah Banua.

 

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, dalam kata pengantarnya pada kamus bahasa Barrau mengapresiasi akan khasanah kepustakaan di Kabupaten Berau.

“Hal ini sangat selaras dengan program di Kabupaten Berau baik dalam pengembangan budaya lokal maupun dalam menumbuhkan minat baca masyarakat,” tulis sri Juniarsih Mas.

Dan Pemkab Berau berharap buku kamus bahasa Barrau ini menjadi sumber pengetahuan masyarakat yang berminat mengembangkan pengunaan bahasa Berau.

Sementara itu menurut keterangan Kadispusip Berau Yudha Budi Santosa,M.Si Kamus ini merupakan terbitan dari Dispusip Berau tahun 2022 yang diinisiasi oleh Program Pembinaan Perpustakaan pada Sub Kegiatan Pengelolaan dan Pengembangan Bahan Pustaka. Tujuan dicetaknya buku kamus ini untuk menambah jenis koleksi konten lokal dan sebagai bahan rujukan koleksi Perpustakaan dalam upaya melestarikan bahasa Daerah agar lebih dikenal dan didayagunakan oleh masyarakat.

 

Yudha berharap kamus bahasa Barrau edisi perdana ini akan menggairahkan warga asli Berau selaku penutur dan warga Berau pada umumnya untuk menggunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga Bahasa Berau akan semakin banyak penuturnya, semakin maju dan berkembang ditengah majunya peradaban masyarakat digital saat ini.

 

Lanjut Yudha, lahirnya karya pustaka dengan kearifan lokal ini dapat menggerakkan masyarakat untuk melahirkan karya dengan keragaman budaya lokal

Di jelaskan untuk dapat membaca dan dapatkan Kamus Bahasa Barrau dengan mengunjungi Perpustakaan Daerah Berau atau dapat diakses secara online melalui link e-book

https://online.fliphtml5.com/rvnuk/xuzy/. (adv/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *