Wilayah Terisolasi Perlu Dibuka Melalui Pembangunan Jalan

oleh -96 views
Ketua DPRD Berau Madri Pani. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat pada wilayah atau daerah terpencil dan terisolasi di Kabupaten Berau masih tersendat. Salah satu faktor penentu tersendatnya pemenuhan kebutuhan dasar itu yakni belum dibangunnya akses jalan yang baik.

Terkait hal itu, Ketua DPRD Berau, Madri Pani meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Berau agar dapat memperhatikan masyarakat di daerah terpencil. Selama ini, kebutuhan dasar di wilayah itu selalu tersendat karena terkendala akses jalan.

“Kebutuhan dasar itu penting untuk diperhatikan, sebab semua itu menyangkut kesejahteraan maupun keberlangsungan hidup masyarakat di masa yang akan datang. Dan semua itu menurut saya akan terbangun baik bila akses jalan sudah dibuka,” jelasnya.

Diakuinya, akses jalan yang baik menjadi faktor penentu kebutuhan dasar lainnya baik menyangkut bidang pendidikan, kesehatan, jembatan, jaringan listrik, sarana air bersih dan sebagainya.

“Pemenuhan semua kebutuhan dasar itu menjadi tidak optimal dan maksimal untuk dipenuhi karena tidak ada akses jalan yang memadai bagi masyarakat di wilayah terpencil,” tegasnya.

Menurutnya, apabila akses darat dibangun dengan baik dan memadai maka kebutuhan dasar masyarakat lainnya akan mudah terpenuhi. Karena itu akses jalan harus menjadi perhatian serius pemda dan menjadi prioritas pembangunan di daerah terpencil.

“Yang kita inginkan masyarakat bisa mengakses kebutuhan dasar itu. Dan wajib bagi pemerintah menyediakannya sesuai perintah undang-undang. Sehingga ke depan dapat tercipta kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” tutupnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *