Jalan Sebagai Pintu Masuk Infrastruktur Lainnya

oleh -28 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong menjelaskan pembangunan kebutuhan dasar masyarakat dan infrastur lainnya dimulai dari pembangunan jalan. Akses jalan, menurutnya, menjadi pintu masuk bagi pemenuhan kebutuhan dasar lainnya.

Untuk memuluskan langkah itu, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Berau diminta untuk pertama-tama memperhatikan pembangunan jalan ini. Terutama jalan menuju daerah terpencil dan terisolir. Pasalnya, kebutuhan dasar masyarakat di wilayah itu menjadi sukar dipenuhi karena terkendala akses jalan.

“Pertama-tama memang harus bangun jalan dulu. Tapi bukan berarti jalan ini satu-satunya. Jalan menjadi pintu masuk agar kebutuhan dasar lain bisa dipenuhi dengan baik juga,” jelasnya.

Diakuinya, akses jalan yang baik menjadi faktor penentu kebutuhan dasar lainnya baik menyangkut bidang pendidikan, kesehatan, jembatan, jaringan listrik, sarana prasarana air bersih, dan sebagainya.

“Kalau semua kebutuhan dasar itu sudah optimal dan maksimal karena didukung dengan akses jalan yang baik, maka masyarakat sejahtera. Ini sebenarnya poin penting yang diamanahkan dari pemerataan pembangunan itu,” tegasnya.

Disorotinya, pembangunan jalan di wilayah Kecamatan Segah dan Kelay, khususnya, juga harus diperhatikan secara serius dan diprioritaskan. Pasalnya, akses jalan pada dua kecamatan ini masih berbenturan dengan masalah Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK).

“KBK menjadi KBNK ini menjadi pekerjaan rumah. Dan revisi Perda RTRW justru menjadi dasarnya. Kalau tidak dibereskan maka akan sukar membangun di daerah ini,” tutupnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *