Minta Ruang Disbudpar untuk Pelaku UMKM

oleh -269 views
Pameran UMKM di halaman Diskoperindag beberapa waktu lalu. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Bertumbuhnya jumlah para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Berau cukup pesat.

Hal itu menyebabkan ruang yang disiapkan pemerintah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya kian berkurang.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi II DPRD Berau, Darlena meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk memperhatikan tempat jualan para pelaku UMKM tersebut.

Salah satu ruang yang menarik perhatiannya yakni gedung baru Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau yang berada di Jalan Pulau Derawan.

“Gedung tersebut cukup besar karena terdiri dari 3 lantai. Kami dari Komisi II tertarik dengan gedung Disbudpar yang baru. Jangan sampai hanya besar saja tapi tidak ada manfaatnya untuk masyarakat,” sebutnya.

Disampaikannya, UMKM menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sektor pariwisata. Karena itu, tidak menjadi soal jika gedung baru Disbudpar itu juga dipakai oleh pelaku UMKM.

“Kami mendukung sepenuhnya kalau itu untuk kebaikan masyarakat. Jadi ketika wisatawan yang datang mau mencari oleh-oleh sudah ada tempatnya,” jelasnya.

Diakuinya, banyak pelaku UMKM di kampung-kampung memiliki usaha yang bagus. Selain terkendala pemasaran, mereka juga sukar mendapat ruang yang strategis.

Karena itu, Darlena berharap sarannya itu dapat diterima pemerintah daerah dan dapat direalisasikan. Pihaknya juga akan berjuang agar gedung itu bisa dipakai oleh para pelaku UMKM.

“Kami akan perjuangkan itu. Karena banyak potensi bagus yang perlu digali, dikembangkan, dan dijual. Tempat yang strategis dan pemasaran yang baik juga menjadi tumbuh kembang usaha pelaku UMKM ini,” tandasnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *