Semua Aktivitas Perumda di Berau Harus Diawasi

oleh -252 views
Ketua DPRD Berau, Madri Pani. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Semua aktivitas dan atau operasi perusahaan umum daerah (Perumda) di Berau harus diawasi secara rutin. Tujuannya agar aktivitas Perumda itu tidak keluar dari koridor yang telah ditetapkan. Berikutnya, dapat berkontribusi positif terhadap kemajuan daerah.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Berau, Madri Pani meminta jajaran anggota legislatif untuk selalu mengontrol semua kegiatan Perumda di Bumi Batiwakkal. Hal itu bertujuan agar kinerja Perumda tersebut dapat berjalan maksimal.

Disampaikannya, fungsi kontrol atau pengawasan DPRD Berau itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Pasal 134 ayat 5 tahun 2017 tentang Pengawasan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Sesuai aturan itu, DPRD memiliki kedudukan dalam melakukan pengawasan secara eksternal. Selain itu, DPRD selaku Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah sebenarnya juga berkedudukan sebagai Lembaga Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Dengan kedudukan yang sama, lanjutnya, DPRD dan Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab yang sama dalam menentukan Peraturan Daerah (Perda) dan memajukan kesejahteraan masyarakat. Termasuk, melakukan pengawasan terhadap instansi-instansi dan kebijakannya yang bermuara pada kepentingan umum.

“Kontrolnya pemerintah itu, ya, lembaga DPR. Makanya segala kegiatan Perumda mulai dari lelang jabatan sampai semua kegiatan harus diawasi. Agar berjalan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,” tegasnya.

Madri berharap, ke depan semua Perumda itu diawasi. Terutama agar kinerjanya dapat membawa dampak yang signifikan bagi pendapatan asli daerah (PAD) Berau. Sekaligus menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta teman-teman legislatif untuk selalu pantau aktivitas Perumda. Agar kontribusi yang saat ini belum maksimal bagi PAD kita dan kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan,” tutupnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *