Bangun Sinergi dengan Pemprov Atasi Ilegal Fishing

oleh -99 views
Anggota Komisi II DPRD Berau, Darlena. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Penanganan ilegal fishing di Berau masih terkendala masalah kewenangan. Pasalnya, kegiatan destruktif itu dilakukan di perairan laut yang menjadi kewenangan provinsi. Karena itu, diperlukan kerja sama dengan pemerintah provinsi untuk menuntaskan masalah itu.

Terkait hal itu, Anggota Komisi II DPRD Berau, Darlena mendorong Dinas Perikanan (Diskan) Berau untuk dapat berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan pemerintah provinsi dalam hal ini Diskan Kaltim untuk mengatasi masalah itu. Khususnya membangun pos penjaga untuk pengawasan penangkapan ikan secara ilegal.

“Kita terbentur karena masalah kewenangan itu. Jadi kita sukar melakukan pengawasan yang masif. Jadi memang perlu koordinasi itu. Diskan Berau perlu melapor ke provinsi atau pusat akan hal tersebut. Tujuannya untuk bangun pos jaga. Agar Pemkab Berau dapat memantau aktivitas para nelayan,” jelasnya.

Sinergitas itu, lanjut Darlena, sangat diperlukan mengingat penangkapan ikan secara ilegal dapat merusak lingkungan dan ekosistem laut. Hal itu berdampak luas pada sektor pariwisata. Pasalnya, hal itu juga turut menghancurkan terumbu karang dan biota laut lainnya yang memikat wisatawan.

“Penangkapan ikan tidak ramah lingkungan dapat berdampak pada kerusakan ekosistem bawah laut dan terumbu karang. Yang ujungnya akan mematikan sektor pariwisata. Makanya, mari bersama-sama kita menjaga laut yang menjadi sumber penghidupan nelayan,“ pungkasnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *