Kampung Berstatus Rawan Pangan Harus Diperhatikan Khusus

oleh -184 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Berau merupakan daerah yang dikenal memiliki lumbung padi yang luar biasa. Namun, ironisnya daerah ini juga memiliki banyak kampung yang masih berstatus rawan pangan.

Status kampung rawan pangan di Bumi Batiwakkal itu tercatat masih cukup banyak. Karena itu, perlu ada langkah solutif dan perhatian khusus dari pemerintah daerah untuk membebaskan kampung ini dari status yang dideranya.

“Padahal Berau dikenal sebagai lumbung padi tapi justru masih banyak daerah yang rawan pangan. Hal itu sangat memprihatinkan,” jelasnya.

Disampaikan Darlena, untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan sinergitas semua pihak. Selain sinergitas, program-program solutif dan antisipatif mesti dibuat juga untuk mengatasi masalah itu dalam jangka panjang.

“OPD terkait harus mampu kreatif dan inovatif dalam melahirkan program-program yang memang mampu mencegah hal ini. Sebab, jika tidak dilakukan maka masyarakat akan sukar memperoleh kesejahteraan,” tegasnya.

Selain program dari pemerintah daerah, Darlena juga meminta masyarakat untuk tidak hanya bersikap konsumtif. Perlu upaya produktif untuk menghasilkan produk pangan rumah tangga yang bisa dijual dan dimanfaatkan saat benar-benar dibutuhkan.

“Masyarakat jangan hanya berperilaku konsumtif saja. Namun, ikut serta memproduksi bahan-bahan yang mereka konsumsi. Jadi tidak hanya membeli saja, tetapi juga mampu swasembada,” pungkasnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *