TBC Meningkat, Butuh Sinergitas Semua Pihak

oleh -228 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Pasien dengan penderita enyakit tuberkulosis (TBC) kian meningkat di Berau. Sebagai salah satu penyakit menular, penyakit ini perlu diatasi melalui sinergitas semua pihak mulai dari tingkat akar rumput.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong meminta pemerintah dan masyarakat untuk membangun sinergitas untuk mengatasi masalah itu. Hal itu dapat dilakukan melalui upaya preventif dan kuratif, atau pencegahan dan pengobatan.

“Memang perlu diwaspadai Penyakit yang satu ini. Karena menimpa semua kalangan. Apalagi TBC itu menular. Maka pengobatan dan pencegahan perlu dilakukan. Kolaborasi dan sinergitas semua pihak sangat dibutuhkan untuk mengatasi persebaran penyakit ini,” jelasnya.

Untuk memuluskan tujuan itu, langkah antisipatif melalui edukasi dan sosialisasi guna mencegah penyakit tersebut sangat diperlukan. Ketersediaan fasilitas kesehatan di tingkat bawah seperti puskesmas memang sangat dibutuhkan.

“Selain pencegahan melalui edukasi itu, pengobatan juga diperlukan. Pemerintah mesti menyediakan fasilitas kesehatan di tingkat bawah, seperti puskesmas, untuk membantu masyarakat yang terinfeksi penyakit TBC dengan obat-obatan yang terjangkau,” tegasnya.

Lebih dari itu, Rudi juga meminta masyarakat untuk melakukan pencegahan dini sejak dalam keluarga. Pencegahan dini ini dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

”Selain sosialisasi dan edukasi dari pemerintah atau Dinas Kesehatan, saya imbau juga masyarakat untuk melakukan pencegahan secara mandiri. Tentu untuk menghindar penyakit TBC ini. Seperti terapkan pola hidup sehat dan selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar,” pungkasnya. (Adv/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *