Sediakan Akses Khusus Pemilih Disabilitas

oleh -158 views
Anggota Komisi II DPRD Berau, Dedy Okto Nooryanto. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Pesta demokrasi selayaknya harus dirasakan semua kalangan termasuk para disabilitas. Untuk itu, perlu adanya akses khusus agar mereka bisa memberikan suaranya pada saat Pemilu 2024 mendatang. 

“Dalam sebuah pesta demokrasi, seluruh masyarakat berhak memilih dan menggunakan hak suaranya sebagai bentuk merayakan demokrasi. Saya harap pemilih disabilitas mendapat keadilan dan dukungan penuh selama proses pemilihan,” ungkap Anggota Komisi II DPRD Berau, Dedy Okto Nooryanto.

Dirinya mendorong penyelenggara Pemilu untuk menyediakan akses khusus para penyandang disabilitas. Tujuannya agar tidak ada kendala bagi mereka yang ingin memberikan suaranya. permudah akses mereka dimana dalam hal ini mencakup pelayanan kepada orang yang sakit atau memiliki keterbatasan fisik, termasuk orang dengan disabilitas. 

Dedy Okto menerangkan, bagi pemilih yang tidak bisa mengunjungi Tempat Pemilihan Suara (TPS), petugas KPPS wajib mengunjungi mereka di rumah untuk memastikan hak pilihnya tetap terjamin.

“Semua itu sudah ada dalan pedoman yang mengatur tentang teknis pendampingan bagi pemilih disabilitas. Pelaksanaannya juga telah dijalankan di lapangan. Dengan bantuan petugas, pemilih ini tetap dapat menggunakan hak pilihnya secara mandiri,” jelasnya.

Politikus NasDem ini berkomitmen, terus mendorong upaya-upaya untuk memastikan bahwa semua warga, tanpa pandang keadaan fisik atau keterbatasan, dapat ikut berpartisipasi dalam proses demokrasi secara merata dan adil. Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan terus berkoordinasi dengan lembaga terkait. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *