Kelurahan Gunung Panjang Siap Kelola Maggot dan Kompos

oleh -241 views
Praktek budidaya maggot di kelurahan Gunung Panjang. (Dok)

Bikin TPS3R di RT 10

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-

Kelurahan Gunung Panjang siap mengelola pembuatan kompos dan budidaya maggot dari sampah organik, yang lokasinya di area Kelurahan. Hal ini dipaparkan Sabaruddin Lurah Gunung Panjang merupakan tindak lanjut dari pelatihan bank sampah, pelatihan pembuatan kompos dan budidaya maggot dari sampah organik di Kelurahan Gunung Panjang Jumat (8/12/2023) kemarin.

“Sebelumnya warga kami diberikan pelatihan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Berau. Pelatihan pengelolaan sampah dan bank sampah bulan november lalu, kemudian Jumat kembali diberikan pelatihan pembuatan kompos dan budidaya maggot. Bagi kami ini bukan hanya sekedar ceremonial belaka, namun peserta warga kami benar-benar mencermati dan menelaah. Tentu dengan tujuan untuk mengurangi sampah organik dari rumah masing masing, sehingga ke TPA hanya sampah unorganik ,” papar Sabaruddin.

Peserta bersama lurah dan panitia pelatihan pembuatan kompos dan budidaya maggot yang digelar Dinas lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Berau Jumat (8/12/2023). (dok)

Segera pembuatan kompos dan budidaya maggot di kelola oleh masyarakat bersama LPM Gunung Panjang. “Disini DLHK akan membantu 20 kilogram bibit maggot serta siap mendampingi,” kata Sabaruddin.

Masih terkait soal lingkungan dan sampah di wilayah Gunung Panjang, Kelurahan Gunung Panjang yang baru saja mendapatkankan penghargaan juara 1 pelaksana bulan bakti gotong royong (BBGRM) kategori kelurahan tingkat provinsi se-Kaltim. Akan membangun TPS3R (Tempat Pembuangan Sampah reduce, reuce dan recyle) di lokasi RT 10 yang ada lahan setengah hektar milik Pemkab Berau.

“Teman teman di Kelurahan seperti peserta yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan , cukupan antusias. Mereka itu dari PKK, Karang Taruna, LPM dan jajaran ketua RT 1 hingga RT 17 kelurahan Gunung Panjang,” kata Sabaruddin.

PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS DAN MAGGOT

Sebelumnya DLHK Berau mengelar sosialisasi pembuatan kompos dan budidaya maggot dari sampah organik di kelurahan Gunung Panjang Kecamatan Tanjung Redeb, Jumat (8/12/2023).

Respon peserta sangat baik dengan digelarnya pelatihan ini. Seperti biasa pelatihan dibuka Suhardi Kabid Kebersihan dan Pengolahan Sampah B3 pada DLHK Kabupaten Berau.

Kelurahan yang warganya cukup peduli lingkungan ini, merespon dengan baik kalau tujuan dari pelatihan ini untuk meminimkan sampah organik yang ada di rumah tangga warga. (adv/dl/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *