Bentuk Transparansi, Kejari Musnahkan Barang Bukti Tipidum

oleh -177 views
Pemusnahan barang bukti dari ratusan perkara yang ditangani Kejari Berau selama Maret-Desember 2023. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Total sebanyak 100 barang bukti (BB) dari 124 perkara yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Berau, dimusnahkan pada Senin (11/12/2023). Bersama Bupati Berau dan Forkopimda, pemusnahan dilakukan di halaman Kejari Berau.

“Pemusnahan BB ini adalah bagian dari akuntabilitas Kejari Berau, dan transparansi dalam penanganan perkara khususnya pidana umum. Dan bertepatan dengan Hari Antikorupsi sedunia, yang tidak terlepas dari akuntabilitas Kejari, maka kita lakukan pemusnahan ini,” terang Kepala Kejari Berau, Hari Wibowo.

Pemusnahan BB ratusan botol miras. (Ria/Dimensinews)

Barang bukti yang merupakan hasil dari Maret 2023 hingga Desember 2023 ini dimusnahkan dengan cara dihancurkan dan dibakar. BB tersebut antara lain Narkotika sebanyak 491,82 gram Sabu yang merupakan hasil dari 53 perkara. Kemudian BB perkara orang dan harta benda (Oharda) sebanyak 44 perkara, Tindak Pidana Umum dan Lainnya (TPUL) sebanyak 13 perkara. Dan barang bukti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) sebanyak 1 Perkara.

“Barang bukti dari Perkara Tindak Pidana Ringan (Tipiring) sebanyak 235 botol dari 13 perkara, dan ada juga obat-obatan dan dobel L sebanyak 10.463 butir,” tambahnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas yang hadir dan mengikuti proses pemusnahan BB, menyebut jika apa yang dilakukan oleh Kejari Berau merupakan bentuk penegakan hukum yang transparan. Dan ini sangat patut diapresiasi.

“Ini merupakan bentuk penegakan hukum yang transparan, melalui eksekusi langsung, dimana pemusnahannya disaksikan publik dan dipublish. Ini juga sebagai langkah pencegahan dan antisipasi agar BB ini tidak dapat dimanfaatkan lagi,” tegas Sri Juniarsih.

Bupati pun berharap agar kinerja Kejari dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Mengharapkan praktik penegakan hukum di Berau dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dan Kejaksaan selalu konsisten menindaklanjuti perkara yang ada secara akuntabel.

“Ini juga sesuai misi Pemkab Berau yakni mewujudkan pemerintahan yang bersih , transparan dan akuntabel. Dan saya berharap bukan hanya Kejari, tapi Polres Berau, Satpol PP dan masyarakat, untuk dapat menjalin kerjasama menekan angka kejahatan serta kriminalitas di Berau. Terlebih jelang pesta demokrasi ini, agar masyarakat bisa melaporkan tindak pidana yang ditemui di lingkungan sekitar kepada pihak berwenang,” tutupnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *