Kehadiran Perempuan Sangat Diperhitungkan

oleh -146 views
Bupati Berau Sri Juniarsih bersama kalangan perempuan pada peringatan hari ibu ke 95 di Balau Mufakat Sabtu (23/12/2023). (Helda Mildiana/Dimensinews)

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-

Dalam berbagai waktu dan kesempatan, perempuan di Kabupaten Berau hadir di garda terdepan. Dan diakui bahwasanya banyak kemajuan yang dirasakan oleh perempuan di Kabupaten Berau, kesetaraan gender kini tercipta di sektor pemerintahan , politik perdagangan, bahkan pertahanan dan keamanan. Dan ini menunjukkan bahwasanya kehadiran perempuan sangat diperhitungkan dan dinilai mampu mengambil peran.

Hal ini diungkapkan bupati Berau Sri Juniarsih Mas pada peringatan haria ibu ke 95 di Balai Mufakat Sabtu (23/12/2023) di Balai Mufakat yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBP3A).

“Pemkab Berau terus mengawal program pengarusutamaan gender (PUG) dan pengintegrasian hak perempuan , bahkan sejak di tatanan melalui Kampung Ramah Perempuan dan Anak (KRPA) dan Pembentukan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) Kabupaten Berau,” Sri Juniarsih.

Kemudian Pemkab Berau juga melaksanakan pemberdayaan melalui kelompok pengrajin UMKM upaya pendorong peningkatan kesejahteraan keluarga. Kami pun terus meningkatkan kapasitas kaum perempuan dan kaum ibu sebagai madrasyah pertama bagi anak yang diharapkan dapat melahirkan generasi cerdas berkualitas.

“Kaum ibu adalah kaum yang luar biasa, kemampuannya mengerjakan banyak hal di satu waktu dan kepiawaiannya dalam melaksanakan banyak peran, tentu tidak dapat dipandang sebelah mata,” Bupati pertama di Kabupaten Berau ini.

Peringatan ini dapat dijadikan momentum untuk merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan sekaligus menghimpun semangat dan meraih keberhasilan lainya .

“Untuk ini penguatan dan peningkatan kapabilitas pada organisasi perempuan, saya kira harus dilakukan agar kaum perempuan semakin andal dalam menjalankan peran dan fungsinya di hari hari depan,” paparnya.

Sri Juniarsih Mas mengajak kepada kalangan perempuan untuk tidak berpuas diri atas kemajuan yang telah diraih, karena perjuangan masih panjang. Persoalan utama yang kini dihadapi ialah persoalan moral ditengah modernitas yang semakin berkembang. Kemudian juga persoalan kesehatan, khususnya stunting yang memerlukan keseriusan kita bersama untuk mencegah dan mengatasinya.

Dalam peringatan kalender tahunan DPPKBP3A, Bupati Berau memberikan penghargaan seting tingginya kepada tokoh perempuan insipratif Berau atas kiprah dan prestasi yang telah di raih. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *