Menko PMK RI Imbau  Setiap Puskesmas Miliki Ultrasonografi

oleh -137 views
Menko PMK RI Muhadjir Effendy dalam kunjungan kerja dan dialog bersama warga Berau di Pendopo Kantor Camat Tanjung Redeb bertajuk dalam rangka penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah Kamis (1/2/2024).dok

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  Indonesia (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy  dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Berau memerintahkan Pemkab Berau agar setiap Puskesmas yang ada di Bumi Batiwakkal wajib memiliki satu unit  Ultrasonografi (USG) dan setiap Posyandu punya layanan antropometri.

“Sebab, kalau sudah ada USG di setiap Puskesmas maka bisa membantu mempercepat pengentasan stunting, dan mewujudkan SDM unggul yang siap menyongsong Indonesia Emas 2045,” ucapnya Kamis (1/2/2024) di Pendopo Kantor Camat Tanjung Redeb didampingi Wabup Gamalis  dan Sekretaris Daerah Muhammad Said.

Begitupula dengan adanya antropometri disetiap posyandu , sangat menunjang untuk pengukuran dan penimbangan terstandar bagi balita.

Menurutnya,  jika masalah angka stunting cepat  tertangani  tahun ini maka penerus bangsa dari generasi muda tetap sehat

“Karena, penerus bangsa adalah anak-anak kita, jadi sudah semestinya kita memperhatikan asupan gizi sejak dalam kandungan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan saat ini setiap masyarakat dalam kategori kurang mampu, lansia tunggal dan berpenghasilan di bawah upah minimun berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Saya mengingatkan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mendata seluruh masyarakat Kabupaten Berau sehingga semua bantuan yang telah disalurkan oleh pemerintah pusat tepat sasaran,” paparnya.

Sebab sampai tahun ini, ada sebanyak 22 juta warga Indonesia berhak penerima manfaat.

“Sampai tahun ini, sebanyak 22 juta penerima manfaat dan jangan sampai bantuan yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat tidak tepat sasaran,” katanya. (wnf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *