Ajak Caleg Perempuan Bersemangat Untuk Keterwakilan Perempuan di Parlemen Berau

oleh -106 views
Elita Herlina

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-

Keterwakilan perempuan menjadi salah satu pembahasan yang menarik perhatian jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum mengamanatkan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen sebagai bakal calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten, kota yang diajukan partai politik.

“Keterwakilan 30 persen perempuan di parlemen Kabupaten Berau belum terpenuhi, seharusnya 30 persen  dari 30 anggota dewan, perempuan yang  duduk di parlemen 9 orang.  Untuk periode 2019 – 2024 anggota dewan perempuan hanya 5 orang, 4 orang dari partai Golkar, 1 orang dari Partai Nasdem.  Kita berharap dengan banyaknya anggota dewan perempuan, kebijakan kebijakan bisa lebih seadil adilnya untuk kaum perempuan,” ungkap Elita Herlina anggota komisi II  DPRD Berau .

Elita yang menjalani 3 periode duduk di kursi wakil rakyat,  mengajak agar wanita wanita yang sedang menjadi caleg pada pesta politik 2024 ini agar bersemangat untuk dapat duduk di parlemen.

“Agar bisa mencukupi kuota 30 persen perempuan, dan   semakin kuat di parlemen, mengisi kursi dan memperjuangkan perempuan di Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Tidak saja untuk perempuan, masyarakat secara umum, baik itu perjuangan untuk infrastruktur, sarana dan prasarana, peningkatan sumber daya, peningkatan ekonomi sosial seni dan budaya, semua harus bisa tercover setiap tahunnya.

Mengapa berjuang di parlemen ? sebut Elita karena anggota DPRD memiliki fungsi  legislasi yaitu membuat peraturan daerah bersama Bupati.  Kemudian memiliki  fungsi anggaran yakni bersama sama Bupati  membahas dan menyetujui anggaran. Kemudian DPRD Kabupaten juga memiliki fungsi pengawasan yaitu melakukan pengawasan terhadap peraturan perundang undangan, peraturan Bupati, keputusan Bupati yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. (adv/dprd2024/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *