Peran Medsos Untuk Promosi Wisata di Berau

oleh -102 views

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-
Media sosial (medsos) saat ini menjadi salah satu kebutuhan, yang tak terpisahkan dari aktivitas kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi jelas terlihat saat semuanya serba instan dan dapat ditelusuri dalam laman website. Dikaitkan dengan Pariwisata di Kabupaten Berau, peran media sosial, sangat besar dalam mengenalkan daerah wisata baru kepada khalayak sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung.
Dedy Okto Nooryanto anggota komisi II DPRD Berau, yang membidangi diantaranya pariwisata menyebutkan kalau medsos sangat berperan untuk Kabupaten Berau yang banyak memiliki potensi wisata.
“Kabupaten Berau bakal menjadi salah satu mitra Ibukota Nusantara (IKN), saya mengajak masyarakat untuk ikut aktif mempromosikan pariwisata Kota Berau melalui media sosial. Meski saat inipun Disbudpar Berau juga sedang melaksanakan promosi,” kata Dedy.
Menurut pengamatannya, tidak sedikit wisatawan yang membagi pengalamannya berwisata di Kabupaten Berau melalui media sosial seperti, blog, facebook, instagram dan twiter. dan lain-lain. Media sosial juga digunakan oleh mereka yang berkecimpung di industri pariwisata sebagai pemasaran.
Dan awalnya, wisatawan ini juga mendapatkan informasi melalui medsos milik masyarakat yang mengupload potensi wisata seperti potensi wisata di pulau Maratua , Derawan, Biduk Biduk ataupun keindahan alam di Kecamatan Kelay.
“Sangat bermanfaat sekali, upload an masyarakat kita mengenai keindahan wisata, dan tentunya menyertakan fasilitas yang ada di dalamnya,” jelasnya.
Dedy menyebut beberapa pemanfaatan media sosial untuk promosi wisata antaranya sebagai sumber Informasi , selain media massa seperti televisi, radio, majalah, dan surat kabar, para wisatawan memanfaatkan media sosial sebagai sumber informasi mengenai berbagai daerah wisata yang akan dikunjungi.
Bahkan saat inipun, lanjut Dedy, pelaku bisnis di industri pariwisata umumnya memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk berkomunikasi atau berinteraksi langsung dengan pelanggan. Melalui komunikasi dua arah ini, para pelaku bisnis dapat mengetahui dengan segera umpan balik yang diberikan oleh wisatawan ataupun publik terkait dengan layanan yang diberikan. Umpan balik ini menjadi bahan evaluasi bagi pelaku bisnis untuk terus meningkatkan layanannya sebagai Dengan meningkatkan promosi pariwisata, menambahkan kunjungan wisatawan ke Berau, diharapkan juga dapat ikut mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Berau dari sektor pariwisata, yang tentunya juga berdampak kepada pembangunan di berbagai bidang.(adv/dprd2024/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *