Peringati HPN, Ketua DK PWI Kaltim : Pengetahuan Wartawan Perlu Ditingkatkan

oleh -93 views
Peringatan Hari Pers Nasional dan HUt Pwi ke 78 di kantor PWI Jalan Biola Samarinda .ist

SAMARINDA,DIMENSINEWS –

Ketua Dewan Kehormatan (DK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim Intoniswan menyatakan, jajaran wartawan harus melakukan instrospeksi diri. Terutama meningkatkan pengetahuan dan wawasan.

Hal itu diungkapkan Intoniswan, dalam acara syukuran peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke-78 di sekretariat PWI Kaltim, jalan Biola, Samarinda, Jumat (9/2/2024). Dia mengakui, jika sebagian wartawan masih memerlukan peningkatan pengetahuan dan pelatihan.

“Tanggung jawab meningkatkan pengetahuan wartawan sebetulnya ada di masing-masing perusahaan pers, tapi itu juga bisa dibantu PWI Kaltim bekerjasama dengan OPD di lingkup Pemprov Kaltim,” katanya.

Selama ini PWI Kaltim fokus pada pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan, hasilnya 90 persen wartawan anggota PWI sudah lulus uji kompetensi, baik muda, madya maupun utama. Tapi itu tidak cukup, meningkatkan pengetahuan wartawan harus dilakukan terus menerus.

Ketua JMSI Kaltim Sukri menyerahkan bingkinan kepada Plt Ketua PWI Kaltim Shahab didampingi Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Mahaendra Wijaya dan pengurus maupun anggota PWI Kaltim, pada peringatan HPN 2024 dan HUT PWI ke-78, di sekretariat, Jalan Biola, Samarinda. (istimewa)

Diterangkan pula, PWI akan didorongnya untuk bekerjasama dengan OPD dalam meningkatkan pengetahuan umum, teknis, dan tentang regulasi  wartawan agar punya pengetahuan memadai tentang Tupoksi masing-masing OPD dan pembangunan yang sudah dilaksanakan OPD-OPD, sehingga pembaca dapat sajian berta yang lebih berkualitas dan lengkap.

“Peningkatan pengetahuan wartawan harus jadi prioritas masing-masing perusahaan pers dan PWI Kaltim,” kata Intoniswan.

Dia juga membenarkan terkait kriritk yang disampaikan Kadisporan Kaltim Agus Hari Kesuma. Menurut Intoniswan, apa yang disampaikan Kadispora Kaltim adalah fakta, bukan mengada-ada dan itu juga dirasakan wartawan senior.

“Apa yang disampaikan Pak Agus itu benar, dan perlu mendapat perhatian perusahaan pers maupun organisasi PWI Kaltim,” kata Intoniswan

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Hari Kesuma menyampaikan kritikan terhadap sejumlah wartawan yang sering melakukan wawancara kepada dirinya.

Peringatan HPN 2024 dan HUT PWI ke-78 di sekretariat PWI Kaltim, Jalan Biola Samarinda (istimewa)

Agus mengaku banyak menemukawan wartawan yang mewawancarainya tidak punya pengetahuan yang cukup tentang Tupoksi dan Struktur Organisasi Dispora. Kemudian pemahaman tentang keolahragaan dan kepemudaan juga dangkal.

“Perlu ditingkatan pengetahuan SDM wartawan melalui bimbingan teknis. Dispora siap menyelenggarakan hal demikian. Sehingga kualitas berita tentang pembangunan kepemudaan dan olah raga menjadi lebih baik lagi ke depannya,” ujar Agus ketika menghadiri acara syukuran peringatan HPN dan HUT PWI, Jumat (9/2/2024) di kantor PWI jalan Biola, Samarinda.

“Akan lebih nyaman diwawancarai wartawan yang sudah punya pengetahuan memadai tentang keolahragaan dan kepemudaan,” imbuhnya.

Syukuran Hari Pers dan HUT ke-78 PWI dihadiri juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, Muhammad Faisal, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, Muhammad Syafranuddin, Plt Ketua PWI Kaltim, Ahmad Sahab, pengurus dan anggota PWI Kaltim. (*/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *