Belum Signifikan Peningkatan Fisik Pendidikan

oleh -223 views
Abdul Waris

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-

Anggota DPRD Berau Abdul Waris menilai belum signifikan peningkatan fisik pendidikan di Kabupaten Berau, meski anggaran yang besar telah dialokasikan untuk sektor pendidikan di Kabupaten Berau.

Meksi sebutnya Pemkab Berau sudah mengalokasikan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 5 triliun lebih untuk sektor pendidikan.

“ Namun pengembangan dunia pendidikan di bumi Battiwakkal masih minim atau belum maksimal,” kata Waris, Kamis (22/2/2024).

Faktanya, peningkatan anggaran tersebut tidak secara maksimal dimanfaatkan dalam pembangunan fisik di sektor pendidikan.

Alokasi dana yang seharusnya tersedia untuk pembangunan fisik pendidikan mencapai angka Rp 2 triliun. Namun, data yang tercatat di Dinas Pendidikan hanya sekitar  Rp 40 miliar.

“Fakta dilapangan bahwa masih banyak sekolah terutama yang berada di pedalaman membutuhkan pembangunan fisik. Seperti pagar sekolah dan lain sebagainya,” paparnya.

Lanjutnya, masalah ini harus menjadi perhatian pemkab kedepan. Menurutnya, masih banyak usulan pembangunan fisik sekolah, seperti pembangunan pagar dan lain sebagainya yang terus diajukan pada saat musyawarah perencanaan pembangunan.

“Yang harusnya menjadi perhatian itu perluasan terhadap implementasi anggaran pendidikan tersebut. Tidak hanya terfokus pada peningkatan anggaran, tetapi juga pada penggunaannya yang efektif dan maksimal untuk pengembangan infrastruktur pendidikan yang lebih baik,” tegasnya. (adv/dprd2024/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *