Patut Ditiru, Nelayan Gurimbang Mampu Produksi Perahu

oleh -152 views
Perahu buatan nelayan Kampung Gurimbang.

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Nelayan di Bumi Batiwakkal hendaknya bisa lebih kreatif dan produktif dalam menangani berbagai kendala di sektor kelautan.

Harapan tersebut disampaikan anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman, yang memiliki perhatian besar pada sektor perikanan dan kelautan di kabupaten paling utara di Kaltim ini.

“Bagaimana  mengembangkan kreativitas dan produktivitas tersebut, para nelayan di daerah ini bisa belajar dari para nelayan di Kampung Gurimbang,” sebutnya Senin (11/3) tadi.

Kenapa harus belajar ke Kampung Gurimbang? Pasalnya, para nelayan di kampung tersebut sudah berhasil memproduksi dan memasarkan perahu fiber buatannya sendiri kepada para nelayan di kampung-kampung lain.

“Mereka mampu membuat perahu, setelah sebelumnya melakukan studi banding mengenai pembuatan perahu fiber di Kota Jepara, Jawa Tengah pada 2022 lalu,” ungkapnya.

Tak heran jika menurut politisi PKS ini, kesuksesan para nelayan Gurimbang dalam memproduksi perahu fiber patut ditiru para nelayan dari kampung lain.

“Apalagi banyak warga Berau yang mata pencahariannya juga sebagai nelayan. Potensi laut kita juga melimpah. Pengelolaan hasil laut itu juga memerlukan kreativitas dan produktivitas,” imbuhnya.

Ia berharap Pemkab Berau tidak hanya membantu para nelayan dengan memberi alat tangkap kepada para nelayan. Studi banding yang sudah berjalan sebelumnya, juga perlu diagendakan kembali untuk nelayan dari kampung lain. Sehingga kemampuan membuat perahu fiber juga bisa dikembangkan di kampung lainnya.

“Agar makin banyak nelayan yang tidak lagi kesulitan dalam melaut. Juga sudah bisa membuat perahu sendiri untuk dijual,” akhirnya. (ADV/dprd2024/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *