Ramadan, Momen Meningkatkan Toleransi dan Kebersamaan

oleh -77 views
H Akhmed Reza Fachlevi

SAMARINDA – Ramadan, bulan penuh berkah hendaknya menjadi momentum penting untuk memperkuat hubungan antar-umat beragama, serta merayakan keberagaman yang menjadi kekayaan bangsa. Hal tersebut disampaikan H Akhmed Reza Fachlevi, ketua Komisi IV DPRD Kaltim, sebelum menunaikan ibadah salat tarawih hari pertama, Senin (11/3) malam tadi.

Disebutkan, Indonesia sebagai negara majemuk memerlukan kerukunan dan toleransi yang sangat tinggi. Adanya semangat kebersamaan yang terjaga selama ini, menjadikan Indonesia tetap bersatu hingga saat ini.

“Di tengah suasana penuh kehangatan dan persaudaraan, tentu akan membuat umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan penuh khusyuk dan kesungguhan,” ucap pria yang juga tercatat sebagai ketua Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kaltim ini.

Ditambahkan, umat Muslim memanfaatkan waktu di bulan Ramadan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta meningkatkan ibadah dan amal kebaikan. Sementara bagi umat beragama lainnya, juga turut merayakan kebersamaan dalam semangat toleransi dan saling menghormati. Misalnya berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan bersama, seperti berbuka puasa bersama atau mengadakan doa bersama.

“Jadi, keistimewaan Ramadan tidak hanya dirasakan umat Muslim saja. Ini karena adanya keberagaman dan toleransi antar umat beragama. Sehingga Ramadan ini penting menjadi momen untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” sebut legislator Karang Paci dari daerah pemilihan Kutai Kartanegara ini.

Politisi Partai Gerindra ini berharap, semangat kebersamaan yang tercipta di bulan suci ini dapat terus terjaga dan menjadi contoh bagi generasi mendatang dalam membangun masyarakat yang damai dan harmonis.

“Mari terus merajut tali persaudaraan dan toleransi antar-umat beragama. Jadikan Ramadan sebagai momentum bersatu dalam keberagaman dan kebaikan. Semoga semangat kebersamaan ini terus terpancar dalam setiap langkah kehidupan kita, tidak hanya saat Ramadan, namun juga sepanjang tahun,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *