Dinkes Diingatkan Lakukan Uji Makanan Berbuka Puasa

oleh -132 views
Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Memasuki bulan Ramadan, Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina meminta agar Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, melakukan pengecekan terhadap seluruh makanan dan minuman yang dijual para pedagang. Terutama makanan untuk berbuka puasa juga sahur.

Upaya itu harus dilakukan untuk mencegah adanya pedagang nakal yang mencampurkan bahan-bahan berbahaya ke dalam makanan maupun minuman demi meraup keuntungan berlipat.

“Bulan puasa sangat identik dengan jajanan-jajanan yang beraneka ragam. Maka dari itu kami memohon agar dinas terkait bisa segera melakukan pengecekan terhadap semua jajanan yang ada. Minimal mengambil sampel masing-masing jajanan untuk diperiksa kandungan bahan berbahaya di dalamnya,” ucapnya Rabu (13/3/2024).

Lebih lanjut Elita menjelaskan, pengecekan tersebut juga harus dibarengi adanya sosialisasi dan peringatan dari dinas terkait. Hal ini agar pelaku UMKM tidak melakukan kecurangan bersifat merugikan dan membahayakan kesehatan konsumen.

“Kalau bisa di awal-awal puasa sudah dilakukan pengecekan agar masyarakat yang mau membeli jajanan, baik di pinggir jalan ataupun di pasar Ramadan tidak ragu lagi. Mohon juga dipastikan pelaku usaha kecil ini paham apa saja bahan-bahan yang tidak diperbolehkan dipakai dalam makanan dan juga minuman,” tambahnya.

Ia juga berharap kesadaran pelaku UMKM untuk tidak menggunakan bahan berbahaya dalam dagangan mereka. Sehingga bulan suci Ramadan menjadi momen meraup keuntungan dengan cara tidak baik.

“Apalagi ini bulan Ramadan, waktunya untuk semakin banyak berbuat kebaikan. Jadi berdaganglah dengan cara jujur dan baik. Jangan sampai demi keuntungan tidak seberapa nekat mempertaruhkan kesehatan dan keselamatan konsumen,” pesannya. (*) (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *