Pengunjung Perpus Anjlok, Dispusip Diminta Giat Promosi

oleh -136 views
Sekretaris Komisi III DPRD Berau, Ichsan Rapi

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – “Jangan hanya menunggu masyarakat untuk datang ke Perpustakaan Daerah. Peningkatan kegiatan literasi juga perlu dilakukan,” ujar Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Ichsan Rapi, Jumat (15/3/2024).

Pria yang akrab disapa Daeng Icank mendorong Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Berau untuk lebih giat promosi  mengajak masyarakat membaca di perpustakaan.

Selain itu, kata dia, Dispusip hendaknya lebih banyak mengajak gemar membaca, meski diakuinya, membaca tidak harus dilakukan di perpustakaan tapi bisa dilakukan di mana saja.

“Gemar membaca ini yang harus disosialisasikan instansi terkait sejak dini,” ucapnya.

Imbauan lain, ia meminta perpustakaan di Dispusip daerah perlu kembali berbenah. Terutama dalam menghadirkan suasana yang nyaman kepada para pengunjung.

“Koleksi buku-buku yang ada harus terus diperbarui. Sehingga menarik minat baca masyarakat,” tuturnya.

Oleh karenanya, inovasi seperti ruang baca terbuka seharusnya lebih diperbanyak lagi bahkan kalau bisa Dispusip harus banyak mengadakan event mendongeng atau membaca puisi.

“Serta mengundang anak sekolah untuk berkunjung ke perpustakaan. Sasarannya bisa dari pelajar yang masih TK dan SD, jadi sejak dini sudah dibiasakan untuk mengenal buku. Sehingga dapat meningkatkan literasi,” terangnya.

Sebab kata dia Gemar membaca harus ditanamkan sejak dini dengan memberikan edukasi bahwa pentingnya membaca sebagai gudang ilmu.

“Fasilitas ruang untuk membaca juga harus disesuaikan dengan anak. Seperti, kelengkapan fasilitas ruang bermain anak dan buku-buku khusus anak. Jangan membuat suasana perpustakaan seperti museum. Kalau bisa membaca buku bisa sambil bersantai,” pungkasnya. (*) (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *