Tangani Sampah, Tiap Kelurahan Diusulkan Truk Arm Roll

oleh -84 views
Anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna Kalalembang menyebut penanganan dan pengelolaan sampah di Tanjung Redeb, membutuhkan sinkronisasi dan kerja sama lintas-Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Harus ada sinkronisasi yang baik antar OPD berkaitan untuk mengelola sampah yang ada di titik-titik tertentu. Kalau memang perencanaannya baik, namun kerja di lapangan tidak maksimal sama saja,” ucapnya Jumat (15/3/2024)

Menurut Ratna, sistem perencanaan dan tata kelola pengelolaan sampah yang baik adalah dengan menggunakan armada tertentu, untuk mengatasi persoalan sampah yang ada hingga hari ini.

“Sampah ini tanggung jawab bersama. Ketika ada perencanaan yang baik harus didukung dengan kerja-kerja yang baik juga,” tambahnya

Lebih lanjut, kata dia penanganan sampah harus sistem keroyok baik dari kelurahan, kecamatan, DLHK, dan OPD lain yag terkait dalam dunia pendidikan dan kesehatan.

“Bagaimana menangani sampah di sekolah, di dunia kesehatan, bagaimana menangani sampah kesehatan yang ada di puskesmas, rumah sakit baik sampah organik dan nonorganik, sampah medis dan lain sebagainya,” tuturnya.

Selain itu, kekurangan fasilitas penunjang seperti truk sampah (arm roll) juga perlu mendapat perhatian khusus dari DLHK. Ia berharap di setiap kelurahan yang ada dibekali minimal satu truk arm roll, guna mengatasi persoalan sampah dalam kota.

“Mungkin DLHK bisa menambah lagi enam arm roll di masing-masing kelurahan yang ada. Harapan kita agar sampah yang ada dapat terakomodir dengan baik dan tidak merusak pemandangan dalam kota,” pungkasnya. (*) (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *